Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Authors

  • Abdul Muhamad Ilham Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek , hasil belajar, IPAS, sekolah dasar, one group pretest-posttest design

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari model pembelajaran berbasis proyek terhadap pencapaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat sekolah dasar. Latar belakang penelitian didasarkan pada kondisi hasil belajar yang masih rendah dan penggunaan metode pembelajaran kontekstual yang belum cukup digunakan untuk melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Rawagede yang berjumlah 16 orang. Alat pengukur yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitasnya, dimana 20 dari 25 soal dinyatakan valid. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) dan nilai effect size sebesar 0,798 yang termasuk dalam kategori besar. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Project Based Learning efektif dalam menciptakan pembelajaran IPAS yang lebih aktif, bermakna, dan relevan dengan kehidupan nyata siswa

References

Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar pada materi peristiwa alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167–176.

Adri, H. T., & Suwarjono, S. (2025). Analisis kebutuhan media adaptif dan strategi pembelajaran IPA dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Bogor. ALACRITY: Journal of Education, 1090–1100.

Anam, R. S. (2017). Instrumen penelitian yang valid dan terpercaya. Jurnal Pendidikan STKIP Sebelas April, 1(1), 1–8.

Al Munajar, M. R., Latifah, Z. K., & Adri, H. T. (2025). Peran guru sebagai evaluator terhadap minat belajar siswa melalui penilaian proses dan hasil belajar siswa kelas tinggi di sekolah dasar. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 91–96.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ah. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415.

Fariza, N. A., & Kusuma, I. H. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 1–10.

Hairunisa, Hakim, A. R., & Nurjumiati. (2019). Studi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kreativitas mahasiswa program studi PGSD pada mata kuliah konsep dasar IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 93–96.

Lestari, W. T., & Rispatiningsih, D. M. (2023). Validitas isi instrumen TPACK pada calon guru kimia menggunakan aplikasi model Rasch. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 1(2), 16–25.

Mazidah, N. R., & Sartika, S. B. (2023). Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Grabagan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 9–16.

Prasetyo, F. (2019). Pentingnya model project based learning terhadap pemahaman konsep di IPS. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 818–822.

Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPA kelas III dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65.

Salsabila, Y., Harahap, A. A. S., Fitria, N., & Harahap, N. D. (2023). Pengaruh perkembangan kemampuan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap hasil belajar. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 3(1), 9–15.

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika peserta didik. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(1), 127–145.

Sartika, D. M., Adri, H. T., & Balqis, L. F. (2025). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi COVID-19 di SDN Sindangsari 2. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 84–89.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Suseno, R., Indriyani, I., Afdal, M., & Nizori, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap keaktifan dan kemampuan mahasiswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 9(1), 90–98.

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(3), 224-231. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/60

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>