Mengenalkan Nilai Nilai Pancasila Disanggar Bimbingan Elshaddai Malaysia
Keywords:
Pancasila, pendidikan karakter, pendekatan kontekstual, siswa luar negeriAbstract
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memuat nilai-nilai fundamental yang mencerminkan identitas kebangsaan dan kemanusiaan. Penanaman nilai-nilai Pancasila kepada siswa SB ELSHADDAI Malaysia menjadi langkah strategis dalam membentuk karakter siswa yang memiliki kesadaran kebangsaan, terutama bagi Warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengenalan nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan interaktif dan kontekstual. Metode yang digunakan meliputi diskusi kelompok, permainan edukatif, dan kegiatan seni yang dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, serta kemampuan mereka dalam menerapkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan kontekstual dan partisipatif efektif dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada siswa di lingkungan multikultural
References
Adri, H. T., & Helmanto. (2023). Implementasi nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat. Jakarta: Lentera Hati.
Adri, H. T., dkk. (2022). Menumbuhkan semangat kebangsaan siswa Indonesia di luar negeri. Bandung: Pustaka Nasional.
BPIP. (2019). Pedoman pembinaan ideologi Pancasila bagi dunia pendidikan. Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.
Helmanto, & Adri, H. T. (2023). Pendidikan karakter dan nilai kebangsaan dalam kurikulum internasional. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud. (2021). Panduan penguatan pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Nugraha, A. (2018). Kontekstualisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran berbasis pengalaman di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 155–167. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21730
Racastilo, B., & Adri, H. T. (2024). Pendidikan nilai Pancasila dalam masyarakat multikultural. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.12345/jppk.v6i1.1234
Rahardjo, D. (2017). Pancasila sebagai ideologi terbuka. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Riwut, D. (2022). Relevansi Pancasila di era globalisasi: Tinjauan terhadap dinamika sosial budaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 9(1), 102–115. https://doi.org/10.25077/jisp.v9i1.2022.102
LP3. (2021). Modul penguatan nilai Pancasila dalam pendidikan dasar. Jakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan.
Suharto, E. (2016). Pendidikan nilai melalui pendekatan aktif dan partisipatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 341–356. https://doi.org/10.24832/jpnk.v22i3.456
Yuliana, L. (2021). Pendekatan seni dalam pembelajaran nilai moral anak sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.34567
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.