Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching

Authors

  • Nur Rohma Wahyuny Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author
  • Atin Kurniawati Universitas Djuanda Author

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Quantum Teaching

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar siswa pada materi kenampakan permukaan bumi kelas III SDN Cimandala 03 dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggrat yang memiliki dua siklus dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada pra siklus didapatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 57.66 dengan ketuntasan hasil belajar sekitar 35.89% yaitu sebanyak 14 siswa, kemudian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 61.33 dengan ketuntasan 48.71% yaitu sebanyak 19 siswa, dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 12.82%, selanjutnya pada siklus II didapatkan nilai rata-rata 77.12% dengan ketuntasan belajar 92.30% sebanyak 36 siswa, meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 43.59%. keterlaksanaan model pembelajaran pada penelitian kali ini meningkat dari siklus I sebesar 80% meningkat pada siklus II sebesar 23% menjadi 93%.

References

Adri, H. T., Suwarjono, Sesrita, A., & Sudjani, D. H. (2021). The Online Assessment in Education Course. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052086

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapillow, F. S., & Hidayat, T. (2019). Preconception analysis of evolution on pre-service biology teachers using certainty of response index. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022033

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v%vi%i.32950

Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Misconception Types Analysis on Mechanism of Evolution. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012169

Helmi, T. A., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perspektis Ilmiah dan Keyakinan Terhadap Evolusi Mahasiswa Biologi di Universitas Berbasis Agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83–92.

Lathifah, Z. K. L., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasr, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda Sebagai Media Pembelajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.

Rusmiaty, E., Adri, H. T., & Mawardini, A. (2020). Development of Science Learning Media Monsains (Science Monopoly) in Human Imgestion System Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Social Research, 2(3), 218–223.

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesia Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Comperence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. (2024). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 77-86. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/7

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

11-20 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.