Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching
Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Quantum TeachingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar siswa pada materi kenampakan permukaan bumi kelas III SDN Cimandala 03 dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggrat yang memiliki dua siklus dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada pra siklus didapatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 57.66 dengan ketuntasan hasil belajar sekitar 35.89% yaitu sebanyak 14 siswa, kemudian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 61.33 dengan ketuntasan 48.71% yaitu sebanyak 19 siswa, dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 12.82%, selanjutnya pada siklus II didapatkan nilai rata-rata 77.12% dengan ketuntasan belajar 92.30% sebanyak 36 siswa, meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 43.59%. keterlaksanaan model pembelajaran pada penelitian kali ini meningkat dari siklus I sebesar 80% meningkat pada siklus II sebesar 23% menjadi 93%.
References
Adri, H. T., Suwarjono, Sesrita, A., & Sudjani, D. H. (2021). The Online Assessment in Education Course. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052086
Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapillow, F. S., & Hidayat, T. (2019). Preconception analysis of evolution on pre-service biology teachers using certainty of response index. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022033
Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v%vi%i.32950
Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Misconception Types Analysis on Mechanism of Evolution. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012169
Helmi, T. A., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perspektis Ilmiah dan Keyakinan Terhadap Evolusi Mahasiswa Biologi di Universitas Berbasis Agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83–92.
Lathifah, Z. K. L., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasr, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda Sebagai Media Pembelajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.
Rusmiaty, E., Adri, H. T., & Mawardini, A. (2020). Development of Science Learning Media Monsains (Science Monopoly) in Human Imgestion System Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Social Research, 2(3), 218–223.
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesia Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Comperence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.