Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Kartu Bergambar Kelas II di SDN 1 Purwoagung Tegaldlimo Banyuwangi
Keywords:
hasil belajar, simbol pancasila, kartu bergambarAbstract
Pendidikan adalah tindakan sengaja dan terencana untuk menciptakan lingkungan belajar yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara aktif. Pembelajaran PKn fokus melatih warga negara untuk memahami dan melaksanakan hak dan tanggung jawabnya agar menjadi warga Indonesia yang memiliki kecerdasan, kompetensi, dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media kartu bergamabar tentang simbol sila pancasila mata pelajran PPKN. Media kartu bergamabar dalam pembelajaran ppkn di kelas II SDN 1 Purwoagung menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Temuan penelitinnya adalah Pada siklus pertama, proses pembelajaran belum optimal dengan nilai rata-rata sebesar 67,5 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 55%. Namun, pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dalam aktivitas siswa dan guru, serta peningkatan nilai yang diperoleh 78,75 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87%. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam Mata Pelajaran PPKN dapat berhasil diterapkan secara efektif di kelas II SD Negeri 1 Tegaldlimo.
References
Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023).PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 02 TAJUR. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225. https://nafatimahpustaka.org/pengmas/
Adri, H. T., Suwarjono, Hamamy, F., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan Mayarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612
Adri, H. T., Suwarjono, S., Sapari, Y., & Maryani, N. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction andImplementation for Progress of Study Program. ContinuousEducation: Journal of Science and Research, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446
Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa Terhadap Penbelajaran Seni Budaya. In Journal Of Education Research P (Vol. 1, Issue 2). https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/index
Erlina, & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. Journal Of Education ResearchP, 1(2), 158–163. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/index
Helmi, Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28.
Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Tematik Kelas Awal di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Guru Kelas 1-3 SD Al Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor). Journal Of Education Research P, 1(2), 143–152. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). The DevelepmentBook of Story Based Sunda’s Culture as Intructional Media. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.
Putri, E. A., Adri, H. T., Lathifah, Z. K., Muhdiyati, I., & Efendi, I. (2023). MENTORING IN THE IMPLEMENTATION OF STUDENT CHARACTER AND CREATIVITY EDUCATION IN SB KAMPUNG BHARU, MALAYSIA. Djuanda Internasional Conference, 229–235.
Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7353
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.