Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Kubus Satuan Berbantuan Media Animasi SD Negeri 1 Bumiharjo

Authors

  • Yuni Purwanti Universitas Terbuka Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

Alat Peraga, Peningkatan Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Matematika materi Kubus dan Balok pasa siswa kelas V yang masih dibawah KKM. Tujuan Penelitian ini untuk perbaikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa KelasV Sekolah Dasar Pada Materi Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Kubus Satuan Berbantuan Media Animasi. Perbaikan penelitian ini adalah PTK yang dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada kegiatan siklus 1 37% tuntas KKM dan kegiatan siklus 2 82% tuntas KKM. Pembelajaran Matematika pada Materi Kubus dan Balok dengan Alat Peraga Kubus Santuan dengan Berbantuan Animasi ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa

References

A Sriwardani, HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Alat Transportasi Menggunakan Media Gambar diSD Negeri 3 Poncowarno. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 87-102

AD Hakikah, HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Game Tournament (TGT). Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (1), 31-43

Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Suherman, I., Sesrita, A., Indra, S., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Untuk Karir Profesional. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1292

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219-225.

AF Racastilo., HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Kartu Bergambar Kelas II di SDN 1 Purwoagung Tegaldlimo Banyuwangi

Apriliani, Rifka, Helmia Tasti Adri, Dan Syukri Indra. “Penanaman Pendidikan Karakter Dan Nilai-Nilai Budaya Di Sd Muslim Suksa Thailand.” Karimah Tauhid 3, No. 4 (2024): 4018–31. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i4.12631.

Daronsyah, I., Tasti Adri, H., & Affane, A. (2024). ANALISIS PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 322–229. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13027

Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa terhadap Penbelajaran Seni Budaya. Journal of Education Research, 1(2), 153–157. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/138%0Ahttp://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/download/138/84

Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163.

F Alfandi, HT Adri, A Kholik. (2024). Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61-76.

Fauziah, R. S.F., Adri, H. T., Suherman, I., Indra, S., Sesrita, A., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Profesional. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 144-119. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496

Febriyanti, S. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 05. Karimah Tauhid, 3(8), 9116–9125. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986

Fitriyani, E. L., Adri, HT., & Halim Sudjani, desky. (2022). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 269–283. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6785

FRK Nurkahfi, HT Adri, M Ichsan. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (2), 131-137

Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Sesrita, A., Indra, S., Monaya, N., Suherman, I., & Pengestu, R. A. (2025). Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. Journal of Engineering Science and Technology, 20(1), 177-184. https://jestec.taylors.edu.my/Special%20Issue%20ISCoE%202024_2/ISCoE2024_2_23.pdf

H. T. Adri, Suwarjono, F. Hamamy, M. Ichsan and D. Sumarni, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor,” Educivilia, vol. 2, no. 1, pp. 93-103, 2021.

Helmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlearning Framework in Thematic Teaching Based on Hy-Flex Approach at the Indonesian Primary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181.

Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105

Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Students’ concept mastery: Reasoning ability and concept mastery of evolution. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(1), 23-29. https://doi.org/10.30997/ijsr.v1i1.7

Hikam Alfarabi, M., Pupu Fauziah, R. S., & Tasti Adri, H. (2024). ANALISIS KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KEPUASAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHMAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 506–513. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14839

HT Adri, F Hamamy, M Ichsan, D Sumarni. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2 (1), 93-103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

HT Adri, S Suwarjono, M Ridwan, T Kusnaedi . (2025). Implementation of Non-Formal Educational Learning Activities at the Abituren Mustafawiyah Sanggar Family Tutoring Malaysia. Education Achievement: Journal of Science and Research, 6(1), 215-221

HT Adri, S Suwarjono, Y Sapari, N Maryani. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (2), 13-22. https://Doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446

HT Adri, SA Yudianto, A Mawardini, A Sesrita.(2020). Using animated video based on scientific approach to improve students higher order thinking skill. Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.23

HT Adri,. Suwarjono. (2023). Developing Science E-Modules based on Scientific reasoning Skills for Primary Education Course. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6480-6486. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4727

Hamalik, Oemar. (1994). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

IN Fudhlah, HT Adri, D Syamsudin. Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Karimah Tauhid 3 (2), 1335-1348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825

Indra, S. (2015). Aspek-Aspek Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah Nabi Musa AS Dan Nabi Khaidir AS Serta Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik (Kajian QS Al-Kahfi Ayat 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1).

IY Gultom, HT Adri, S Indra. (2021). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Kecenderungan Perilaku Verbal Bullying Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education 2 (2), 121-130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

J Jelita,. HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Di SD Negeri 4 Merapi Barat. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 114-127

Joni, Raka. (2008). Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik kelas awal di sekolah dasar. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 143-152. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/137

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi, H. (2018). The Development Book Of Story Based Sundanese Culture As Media On Indonesian Language With Pantun Material In Iv Class Elementary School. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V5i 1.1105

Maulida, N. A., Tasti Adri, H., & Kholik, A. (2024). IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 458–467. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.15366

MD Ruhiyat, HT Adri, S Laeli. Analysis of the Learning Culture of Grade 6 Students of Satit Phatnawitya Yalla Elementary School Thailand. ALACRITY: Journal of Education, 75-85. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.239

Ms. Hidayat., HT, Adri. (2024). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Perbandingan Kualifikasi Dan Sertifikasi Guru (Studi Literature Data Di Kabupaten Cianjur Dan Kabupaten Bandung Jawa Barat ). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 44-60. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/5

Nurkilah, S., & Adri, HT. (2022). Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy: Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203

Nasution. (1995). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor. ZRZ Rahmawati, HT Adri, D Syamsudin. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5 (1), 23-33. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.10232

Pratama, M. I., Adri, H. T., Laeli, S. (2024). Hubungan Kasih Sayang Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Pakuan Bogor. Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 01-30. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3

R Mursyid, HT Adri, F Helmanto. PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DALAM LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN BENDA KECAMATAN CICURUG SUKABUMI. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (1), 1-9. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11274

Rahadi. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Ramdani, Tasti Adri, H., & Safari, Y. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13077

Rasmitadila, Teguh Prasetyo, Helmia Tasti Adri, Muhammad Ichsan. 2021. Pelatihan Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (Sipao) Untuk Guru Inklusif Di Sekolah Dasar. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat 11 (1), 105-114

Salsabila, K. A., Helmia Tasti Adri, & Fauziyatul Hamamy. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VB di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(9), 10821–10827. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953

Sendika, A. S., Firmansyah, W. ., & Adri, H. T. . (2024). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SDIT ALIF . Karimah Tauhid, 3(8), 8800–8815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862

Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023.). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 125-133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863

Sulastri, A., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The Role of Teachers in Improving Quality of Education and Developing Competencies of Primary School Students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Soelarko. (1980). Audio Visual. Bandung : Bina Cipta.

Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka jaya.

Widyasari, W., Adri, H. T., Hasnin, H. D., Gaffar, A. A., Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Lathifah, Z. K., & Ariah, A. (2022). Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4725

Yuni Nursaniah, S., Bisri, H., & Tasti Adri, H. (2024). HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CILEMBER 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 499–505. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14685

Downloads

Published

2025-02-11

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Kubus Satuan Berbantuan Media Animasi SD Negeri 1 Bumiharjo. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 149-157. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/30

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.