Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Di Sanggar Bimbingan Attanzil Malaysia
Keywords:
Strategi guru, kedisiplinan belajar, pendidikan nonformal, motivasi belajarAbstract
Kedisiplinan belajar merupakan faktor krusial dalam menunjang keberhasilan akademik siswa, khususnya di lembaga pendidikan nonformal yang memiliki karakteristik peserta didik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sanggar Bimbingan Attanzil Malaysia, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumentasi terkait kebijakan dan peraturan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi seperti pemberian motivasi, pembiasaan terhadap aturan yang konsisten, sistem penghargaan dan sanksi (reward and punishment), serta pendekatan pembelajaran interaktif. Strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, terutama dalam hal kepatuhan terhadap aturan dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, beberapa hambatan turut ditemukan, antara lain perbedaan latar belakang siswa, rendahnya keterlibatan orang tua, dan keterbatasan sarana pendukung di sanggar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan strategi kedisiplinan membutuhkan sinergi antara guru, orang tua, dan pengelola lembaga. Dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak diharapkan mampu membentuk kebiasaan belajar yang lebih disiplin dan berdampak positif terhadap pencapaian akademik siswa
References
Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video dalam pembelajaran IPA pada siswa SDN Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61–76.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daronsyah, I., Adri, H. T., & Affane, A. (2024). Analisis pengaruh model Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Al Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(4), 322–329. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.13027
Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gultom, I. Y., Adri, H. T., & Indra, S. (2021). Hubungan kecerdasan interpersonal siswa terhadap kecenderungan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Sittah: Journal of Primary Education, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398
Jelita, J., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The role of teachers in improving quality of education and developing competencies of primary school students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656
Pratama, M. I., Adri, H. T., & Laeli, S. (2024). Hubungan kasih sayang orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas 5 SDN Pakuan Bogor. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 1–30. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3
Sendika, A. S., Firmansyah, W., & Adri, H. T. (2024). Analisis implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui budaya religius di SDIT Alif. Karimah Tauhid, 3(8), 8800–8815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2012). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, S. (2019). Manajemen kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.