Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SDN Bojonglongok

Authors

  • Rikza Fauziyah Wudda Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik, studi kasus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Khususnya di kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang dari siswa kelas V dan 1 orang guru wali kelas. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi terdapat gaya belajar siswa yitu visual, auditorial dan kinestetik yang terdiri dari dua siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual, satu siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditorial dan dua siswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik.

Kata kunci : Gaya Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

References

Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2020). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.26

Cicilia, Y., & Nursalim, N. (2019). Gaya dan strategi belajar bahasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 138–149. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30

Citriadin, Y. (2019). Pengantar pendidikan. CV Sanabil.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum learning (Edisi kesatu, Terj.).

Dimas, Q. (2025). Kecenderungan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada pendidikan Pancasila siswa sekolah dasar (pp. 1–23).

Hasanah, R. U. (2022). Analisis gaya belajar siswa berprestasi di SDN 2 Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9, 356–363.

Hasanah, R. Z. (2021). Gaya belajar.

Farahdiba, H., Wolor, C. W., & Marsofiyati, M. (2024). Analisis pengelolaan arsip digital pada PT Anugrah Alam Karunia Abadi. Journal of Administrative and Social Science, 5(1), 41–53. https://doi.org/10.55606/jass.v5i1.807

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku ilmu pendidikan.

Himmah, F. I. N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31.

Khaerul Ummah, M. B. (2021). Implementation of lesson study-based collaborative learning: Analysis of improving science learning achievement of elementary school students during pandemic COVID-19. IJECA: International Journal of Education & Curriculum Application, 4(3), 233–244. http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA

Labu, N. (2021). Analisis karakteristik gaya belajar VAK (visual, auditori, kinestetik) siswa kelas X SMAK St. Petrus Ende tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.3

Nasution, M., & Novriana, A. (2021). Upaya guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 9(1), 40–52. https://doi.org/10.24952/di.v9i1.3614

Nuralan, S., Ummah, K. M., & Haslinda. (2022). Analisis gaya belajar siswa berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 5.

Oktaviana, D., Simanullang, V., Simarmata, E. J., Gaol, L., Sipayung, R. F., Silaban, P. J., ... & Thomas, S. (2024). Pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 068008 Perumnas Simalingkar tahun pembelajaran 2023–2034. Jurnal Ilmiah Aquinas, 1, 1–13.

Pardede, L., & Pardede, D. L. (2022). Pengantar pendidikan (Vol. 16, Issue 1).

Prahesti, V. D., & Ichsan. (2022). Analisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran daring bagi peserta didik MI/SD. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 97–102. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i2.3971

Rusnayati, H., Gumelar, G. F., & Rusdiana, D. (2016). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP) berdasarkan gaya belajar VARK (visual). Prosiding Seminar Nasional Fisika, V, SNF2016-EER-27–SNF2016-EER-32. https://doi.org/10.21009/0305010305

Mardlatillah, S. D., & Sa’adah, N. (2022). Model pembelajaran yang menyenangkan berbasis gaya belajar pada peserta didik. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 45–55. https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6433

Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah, A. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya belajar siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295–303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SDN Bojonglongok. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(2), 193-208. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/35

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.