Konsistensi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Saat Pandemi Melalui Mix Metode

Authors

  • Nurul Khoiriyyah Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

Konsistensi, minat belajar, Mix Metode

Abstract

Konsistensi adalah sesuatu yang kita yakini terus kami lakukan atau sikap seseorang yang tetap, selaras, sesuai dan teguh. Minat belajar adalah suatu rasa untuk menyukai atau tertarik pada suatu hal dan aktivitas belajar tanpa adanya paksaan atau ada yang menyuruh untuk belajar. Minat dalam mengikuti pelajaran sangat penting sebab tanpa adanya minat peserta didik, suatu pembelajaran tidak akan dapat berhasil. Minat merupakan sumber motivasi belajar yang kuat, anak yang tertarik pada suatu kegiatan, baik itu bekerja maupun belajar, akan berusaha mengeluarkan tenaga untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Mix Metode dalam penelitian ini adalah  penggabungan 2 metode pembelajaran, metode inkuiri secara luring dan project based learning secara daring sekaligus dalam suatu  kegiatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan jenis penelitian studi kasus observasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Leuwiorok Sukabumi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, Guru dan orang tua. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dalam temuan hasil penelitian, penerapan mix metode pembelajaran dalam rangka menjaga konsistensi minat belajar dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, partisipasi siswa, sebab siswa merasa terfasilitasi dengan kemudahan materi yang disampaikan, juga guru terbantu dalam mengimplementasikan tujuan pembelajaran dengan lebih efektif

References

Abdul Majid, (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 283.

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219-225.

Afriana, Jaka. (2015). Project Based Learning, Makalah Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Press

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar ( Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), 57

Ambarita , J., Jarwati, & Restanti, D. K. (2020). Pembelajaran Luring. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Djaali (2013), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa terhadap Penbelajaran Seni Budaya. Journal of Education Research, 1(2), 153–157. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/138%0Ahttp://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/download/138/84

Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163.

Fauziah, R. S.F., Adri, H. T., Suherman, I., Indra, S., Sesrita, A., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Profesional. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 144-119. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 34-44.

Fitriyani, E. L., Adri, HT., & Halim Sudjani, desky. (2022). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 269–283. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6785

FRK Nurkahfi, HT Adri, M Ichsan. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (2), 131-137

Gusmayanti, W., Fauziah, R., & Muhdiyati, I. (2018). PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA PAHLAWAN PADA HASIL PENGAJARAN. Didaktika Tauhidi :Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 123-135.

H. T. Adri, R. S. P. Fauziah, A. Sesrita, S. Indra, N. Monaya, I. Suherman, R. A. Pengestu. Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. 2024(2), 177 – 184

H. T. Adri, Suwarjono, F. Hamamy, M. Ichsan and D. Sumarni, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor,” Educivilia, vol. 2, no. 1, pp. 93-103, 2021.

Helmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlearning Framework in Thematic Teaching Based on Hy-Flex Approach at the Indonesian Primary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181.

Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105

Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Students’ concept mastery: Reasoning ability and concept mastery of evolution. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(1), 23-29. https://doi.org/10.30997/ijsr.v1i1.7

HT Adri, F Hamamy, M Ichsan, D Sumarni. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2 (1), 93-103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

HT Adri, S Suwarjono, Y Sapari, N Maryani. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (2), 13-22. https://Doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446

HT Adri, SA Yudianto, A Mawardini, A Sesrita.(2020). Using animated video based on scientific approach to improve students higher order thinking skill. Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.23

HT Adri,. Suwarjono. (2023). Developing Science E-Modules based on Scientific reasoning Skills for Primary Education Course. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6480-6486. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4727

IN Fudhlah, HT Adri, D Syamsudin. Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Karimah Tauhid 3 (2), 1335-1348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825

Indra, S. (2015). Aspek-Aspek Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah Nabi Musa AS Dan Nabi Khaidir AS Serta Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik (Kajian QS Al-Kahfi Ayat 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1).

IY Gultom, HT Adri, S Indra. (2021). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Kecenderungan Perilaku Verbal Bullying Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education 2 (2), 121-130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

J Jelita,. HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Di SD Negeri 4 Merapi Barat. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 114-127

Kholik, A., et al. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi, Edisi 3. Bogor : UNIDA PRESS.

Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik kelas awal di sekolah dasar. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 143-152. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/137

Lubis, M. A., & Azizah, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: KENCANA Jl. Tembra Raya No.23 Rawamangun-Jakarta 13220 Divisi dari Prenamedia Group.

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi, H. (2018). The Development Book Of Story Based Sundanese Culture As Media On Indonesian Language With Pantun Material In Iv Class Elementary School. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V5i 1.1105

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV. AC Media Grafika.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Manab, A. (2017). Menggagas Penelitian Pendidikan : Pendekatan Studi Kasus. Yogyakarta : Kalimedia

Muhammad Fathorrahman, Model-Model Pembelajaran Inovatif (Cet. I; Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2015), h. 118

Ngalimun, (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Nurkilah, S., & Adri, HT. (2022). Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy: Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.

Rasmitadila, Teguh Prasetyo, Helmia Tasti Adri, Muhammad Ichsan. 2021. Pelatihan Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (Sipao) Untuk Guru Inklusif Di Sekolah Dasar. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat 11 (1), 105-114

Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. 14 April.https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Setiawati, Kurnia, B., & Christine, S. E. (2021). Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Beilandika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 1-10.

Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Romlie, M. (2020). Interdisciplinary Project Based Learning. Malang: Media Nusa Creative.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Surtika, Ida Yuniati, 2019. Praktik Merdeka Belajar dalam situasi Covid-19 (sebuah pengalaman Memimpin dari Rumah dalam situasi pandemik Covid-19 Di SMKN 1 Pacet), Simpuljuara, vol. 2, no 2, 2020, pp 40-46.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press (Anggota IKAPI: 264/JTI/2020).

Widyasari, W., Adri, H. T., Hasnin, H. D., Gaffar, A. A., Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Lathifah, Z. K., & Ariah, A. (2022). Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4725

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Konsistensi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Saat Pandemi Melalui Mix Metode. (2024). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(2), 141-155. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/27

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

21-30 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.