Peran Kompetensi Guru dalam Menjamin Keberhasilan Pendidikan Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar
Keywords:
Kompetensi Guru, Pendidikan Inklusif, Siswa Berkebutuhan Khusus, Sekolah Dasar, Keberhasilan PembelajaranAbstract
Kompetensi guru merupakan fondasi utama dalam penerapan pendidikan inklusif di sekolah dasar, karena keberhasilannya sangat bergantung pada pemahaman guru terhadap kebutuhan beragam siswa dan kemampuan dalam menyesuaikan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kompetensi guru dalam menjamin keberhasilan pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan dokumentasi sebagai sumber data utama. Subjek penelitian adalah guru kelas 6 di Cempaka International School, Malaysia. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber, yaitu observasi langsung proses pembelajaran, analisis kemampuan siswa dalam memahami materi, serta dokumentasi terkait kebutuhan individu siswa dari pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru sangat menentukan keberhasilan sistem pendidikan inklusif. Guru yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan personal mampu menciptakan lingkungan belajar yang setara, mendukung, dan responsif terhadap kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pemangku kebijakan pendidikan dalam meningkatkan implementasi pendidikan inklusif secara efektif di sekolah dasar
References
Abba, U. M., & Rashid, A. M. (2020). Teachers’ competency requirement for implementation of inclusive education in Nigeria. Universal Journal of Educational Research, 8(3C), 60–69. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081607
Adri, H. T., Suwarjono, F., Hamamy, M., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612
Arnaiz-Sánchez, P., De Haro-Rodríguez, R., Caballero, C. M., & Martínez-Abellán, R. (2023). Barriers to educational inclusion in initial teacher training. Societies, 13(2), 1–13. https://doi.org/10.3390/soc13020031
Arvelo-Rosales, C. N., De La Rosa, O. M. A., & Guzmán-Rosquete, R. (2021). Initial training of primary school teachers: Development of competencies for inclusion and attention to diversity. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080413
Dole, F. E. (2021). Pengaruh pendidikan karakter terhadap kedisiplinan peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan pendidikan inklusif. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf
Geleta, A. D. (2019). School principals and teachers’ perceptions of inclusive education in Sebeta Town primary government schools, Sebeta, Ethiopia. International Journal of Technology and Inclusive Education, 8(1), 1364–1372. https://doi.org/10.20533/ijtie.2047.0533.2019.0166
Koyan, P. D. I. W. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.
Macabenta, J. M., Manubag, C. V., Tabanag, J. C., Villegas, N. B., Villegas, T. M., & Cabanilla, A. J. (2023). Inclusive education: Lived experiences of 21st century teachers in the Philippines. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 11(4), 454–462. https://doi.org/10.22214/ijraset.2023.48982
Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh kompetensi guru dalam proses pembelajaran inklusi di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072–5087.
Martín-Pastor, E., Sánchez-Barbero, B., Corrochano, D., & Gómez-Gonçalves, A. (2023). What competencies and capabilities identify a good teacher? Design of an instrument to measure preservice teachers’ perceptions. Education Sciences, 13(8). https://doi.org/10.3390/educsci13080789
Rabi, N. M., & Zulkefli, M. Y. (2018). Mainstream teachers’ competency requirement for inclusive education program. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(11). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i11/5354
Rasmitadila, & Tambunan, A. R. S. (2018). Readiness of general elementary schools to become inclusive elementary schools: A preliminary study in Indonesia. International Journal of Special Education, 33(2), 366–381.
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal MADINASIKA: Manajemen dan Kelas, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Saleem, A., Muhammad, Y., & Siddiqui, M. F. (2021). Effectively managing classroom: A case study of four novice elementary teachers in private schools. Global Social Sciences Review, 6(3), 72–79. https://doi.org/10.31703/gssr.2021(vi-iii).08
UU Nomor 14 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/regulasi/undang-undang/Documents/Pages/undang-undang-nomo
UUD 1945. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2014/06/UUD-1945.pdf
Woodcock, S., Gibbs, K., Hitches, E., & Regan, C. (2023). Investigating teachers’ beliefs in inclusive education and their levels of teacher self-efficacy: Are teachers constrained in their capacity to implement inclusive teaching practices? Education Sciences, 13(3). https://doi.org/10.3390/educsci13030280
Woodcock, S., Hitches, E., & Manning, A. (2023). “The hardest part is…”: Teacher self-efficacy and inclusive practice. International Journal of Educational Research Open, 5, 100289. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100289
Gultom, I. Y., Adri, H. T., & Indra, S. (2021). Hubungan kecerdasan interpersonal siswa terhadap kecenderungan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Sittah: Journal of Primary Education, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398
Jelita, J., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The role of teachers in improving quality of education and developing competencies of primary school students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.