Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Perbandingan Kualifikasi Dan Sertifikasi Guru (Studi Literature Data Di Kabupaten Cianjur Dan Kabupaten Bandung Jawa Barat )
Keywords:
Perbandingan, Profesionalisme, Guru Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dan membandingkan profesionalisme guru SD di kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan literature review dengan menggunakan sebuah data dari Biro Pusat Statistik, Neraca Pendidikan Daerah (NPD), dan sebuah jurnal yang bersifat relevan. Hasil penelitian ini adalah perbandingan kedua data mengenai profesionalisme guru di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur pada tahun 2020. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Bandung memiliki kualifikasi guru pada satuan SD yang memiliki latar Pendidikan >D4/SI berada diperingkat pertama dengan perbandingan 34,7% berbanding 18,2%. Sedangkan untuk latar Pendidikan <D4/SI Kabupaten Cianjur berada diperingkat pertama dengan perbandingan 65,3% berbanding 81,8%.
References
Adri, H. T., Suwarjono, Sesrita, A., & Sudjani, D. H. (2021). The Online Assessment in Education Course. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052086
Alliyyah, R, R., Widyasari, Muyadi, D.., Ikhwan, S., &Prananosa, A. G. (2019). Students Management At Elementary School.Didaktika Tauhidi, 6(April). https:// doi.org/10.30997/dt,v6i1.1335.
Alliyyah, R,. Widyasari., Mulyadi, DD,. Ulfah, S, W., &Rahmah. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Aligment : Journal of Administration and Educational Management, 2(2). 157 - 165.
Alliyyah.R. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 2(2), 157 -165.
Dosen.Pendidikan. (2021). Kode Etik: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Faktor dan Sanksi.(Online).
Edison. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi), Cetakan Kesatu, Alfabeta, Bandung.
Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapillow, F. S., & Hidayat, T. (2019). Preconception analysis of evolution on pre-service biology teachers using certainty of response index. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022033
Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v%vi%i.32950
Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Misconception Types Analysis on Mechanism of Evolution. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012169
Helmi, T. A., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perspektis Ilmiah dan Keyakinan Terhadap Evolusi Mahasiswa Biologi di Universitas Berbasis Agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83–92.
Jamil. (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, kualifikasi, & Kompetensi Guru, Jogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Jihad dkk. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lathifah, Z. K. L., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasr, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda Sebagai Media Pembelajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.
Rusmiaty, E., Adri, H. T., & Mawardini, A. (2020). Development of Science Learning Media Monsains (Science Monopoly) in Human Imgestion System Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Social Research, 2(3), 218–223.
Saefuddin.U. (2015). Hakikat Kompetensi Guru. mengembangkan kompetensi melalui kegiatan pengembangan diri di KKG.
Sagala. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprahatiningrum. (2013). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, Jogyakarta: Ar - Ruzz Media.
Susanto. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, Dan Konstruk Pengukuran. Depok.
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesia Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Comperence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/139
Undang -Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (2005).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.