Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03

Authors

  • Fikri Alfandi Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda Author

Keywords:

IPA, Media Pembelajaran , video

Abstract

Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantuk keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu, sehingga yang menjadi target dari pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video pada pembelajaran IPA siswa SDN Sukagalih 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diantaranya : (1) Persiapan penerapan media video dalam pembelajaran IPA (2) Penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video dalam pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video pada siswa sekolah dasar. Temuan hasil penelitian adalah bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video di antaranya : Persiapan penerapan media video dalam pembelajaran IPA, Penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video dalam pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar, Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video pada siswa sekolah dasar.Berdasarkan hasil temuan penelitian di lapangan mengenai Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video pada Penbelajaran IPA Siswa SDN Sukagalih 03 : 1.Penerapan media audiovisual untuk memberikan dampak positif bagi siswa. 2. Siswa memiliki gairah dan semangat belajar yang tinggi selama pembelajaran yang ditunjukan dengan adanya keaktifan siswa, kondusifitas kelas saat pembelajaran, dan terciptanya komunikasi aktif antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Timbulnya kemandirian pada diri siswa yaitu siswa mancatat hal-hal penting dalam video tanpa adanya instruksi dari guru. 3.Faktor penghambat dari penerapan media audiovisual adanya perbedaan kecerdasan siswa yang menyebabkan perbedaan daya tangkap siswa terhadap pesan yang disampaikan media audiovisual. Sedangkan faktor pendukung dari penerapan media audiovisual ialah sarana prasana untuk menerapkan media audiovisual yang memadai.

References

Adri, H. T., Suwarjono, Sesrita, A., & Sudjani, D. H. (2021). The Online Assessment in Education Course. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052086

Alfaki, I. M., & Khamis, A. H. A. (2018). Difficulties facing teachers in using interactive whiteboards in their classes.

Arifin, M. (2022). Penerapan media audio visual dalam peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran gerakan shalat Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Bantur Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2020)

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatria Fita Listari. (2017).” Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia.Volume 2. Nomor 1. (hlm 142).

Harsiwi, UB, & Arini, LDD (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 1104-1113.

Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini. (2015). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123–128.

Imtihan, Khairul. 2019. “Sistem Informasi Pembuatan Manifest Muatan Kapal Berbasis Dekstop dan Android (Studi Kasus: PT. Mentari Sejati Perkasa)”. MISI (Jurnal Manajemen informatika & Sistem Informasi). 2 (2).

Kembaren, Rahel Anna Abigail. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Metode Wawancara” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Medan: Unimed.

Kurniawati, I.D dan Nita, S. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology Vol.1, No. 2.

Kustandi, dkk. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor, Ghalia Indonesia.

Lathifah, Z. K. L., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasr, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda Sebagai Media Pembelajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.

Naim, M. F. (2014). Leveraging social media for Generation Y retention. European Journal of Business and Management, 6(23), 173–179.

Nugroho, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Elektornika Dasar di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika

Rahardja, Untung. 2018. “Pemanfaatan Mailchimp sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi”. Technomedia Journal (TMJ). 2(2).

Roharjata. (2018). pendekatan penelitian kualitatif. yogyakarta: DEEPUBLISH.

Rusman, Deni Kurniawan. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusmiaty, E., Adri, H. T., & Mawardini, A. (2020). Development of Science Learning Media Monsains (Science Monopoly) in Human Imgestion System Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Social Research, 2(3), 218–223.

Sanjaya, Wina (2012). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Satria, A. & Niswatin, R. K. (2017). Android Mobile Application Untuk Kamus Pepak Bahasa Jawa.Generation Journal, 1(1).

Setiawan A, a. (2018). Metedologi penelitian kualitatif. sukabumi: CV jejak.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kulaitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesia Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Comperence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270.

Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The Effect Of Multiple Media Instruction In Improving Students’ Science Process Skill And Achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15 (2011), 346 – 350.

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v%vi%i.32950

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03. (2024). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61-76. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/6

Most read articles by the same author(s)